Sabtu, 27 Februari 2010

Tips Menggali Ide

Ide dalam suatu tulisan adalah hal yang sangat penting. Seringkali kita memikirkan terlalu keras agar mendapatkan ide apa yang akan kita tulis. Sebenarnya ide bisa datang dimana saja tanpa harus memikirkannya dengan keras. Mengapa harus berpikir keras jika kita bisa mendapatkan ide di sekitar kita? Misalnya kita sedang melihat sebuah lukisan yang terpajang di kamar lalu bayangkanlah apa saja yang ada di lukisan itu, siapa yang melukisnya,dan lain-lain yang terkait dengan lukisan itu, itu semua dapat dijadikan tulisan.

Ide akan muncul saat kita tidak memikirkan beban-beban yang ada di kepala kita. Terkadang ada yang menghambat saat kita ingin menulis, misalnya takut ejaan salah, tidak sesuai EYD, kata-kata yang digunakan tidak pas atau tidak baku. Semua itu akan menghambat kita untuk mulai menulis. Bagaimana solusinya? Jika ide itu sudah datang maka jangan tunda untuk menulis. Tulislah apa yang ada di kepala tanpa mengeditnya, tulis dengan gaya bebas. Lalu setelah semua ide selesai dituangkan, tiba saatnya untuk merevisi tulisan kita.

Kesimpulannya adalah jika kita ingin pandai menulis, maka sering-seringlah menulis. Menulis apa saja yang ada di kepala kita. Dengan itu maka kita akan terbiasa untuk menulis. Nah sekarang mulailah menulis!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar